Kamis, 15 November 2012

Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang

Kota Semarang memiliki beraneka macam makanan khas antara lain adalah lunpia Semarang, wingko babat, bandeng presto, soto bangkong, bakpia, tahu gimbal, tahu campur, mie kopyok, mie djowo, janganan/lotek, petis kangkung, rujak cacah, mendoan, tahu petis, blanggem, mentho, timus, tahu susur, tahu pong, gethuk, mehong/sega kucing, sega becak dan gilo-gilo.
Diantara makanan khas di atas yang paling banyak diminati adalah lunpia, lumpia semarang merupakan makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang

Dewasa ini, terdapat lima jenis lumpia semarang dengan cita rasa yang berbeda. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), dan ketiga aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini berasal dari satu keluarga Siem Gwan Sing–Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih. Kemudian ada dua lagi yaitu aliran keempat dan ke lima. Aliran ke-empat adalah sejumlah bekas pegawai lumpia Jalan Pemuda, dan aliran kelima adalah orang-orang dengan latar belakang hobi kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang sudah beredar.
Generasi tertua saat ini, yaitu generasi ketiga Siem Swie Kiem (68), tetap setia melayani konsumennya di kios warisan ayahnya (Siem Gwan Sing) di Gang Lombok 11. Keistimewaan lumpia Gang Lombok ini menurut sejumlah penggemarnya yang sempat ditemui di kios tersebut adalah racikan rebungnya tidak berbau, juga campuran telur dan udangnya tidak amis. Lumpia buatan generasi keempat dapat kita peroleh di kios lumpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien (43) di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Mbak Lien meneruskan kios almarhum ayahnya, Siem Swie Hie, yang merupakan abang dari Siem Swie Kiem, di Jalan Pemuda (mulut Gang Grajen) sambil membuka dua cabang di Jalan Pandanaran. Mau coba ? silakan kunjungi kota Semarang dan rasakan dalam keadaan yang baru di goreng .. mak nyuuuss !

Lunpia Mbak Lien, Semarang


Lunpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien, bisa dijumpai di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Kekhasan lumpia Mbak Lien ini adalah isinya yang ditambahi racikan daging ayam kampung. Ketika awal mula meneruskan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien membuat tiga macam lumpia, yaitu lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), dan lumpia spesial berisi campuran udang serta ayam.
Harga lumpia bervariasi, ada yang harga Rp 8.000/biji,, Rp 5.500/biji. Sedangkan para pedagang re-seller menjual dengan harga Rp 2.500/biji.

 

Bandeng JUWANA, Semarang

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto.
Salah satu outletnya adalah BANDENG PRESTO 34BONAFIDE34 asli Semarang yang berada di jalan Pandanaran. Harga mulai Rp.85.000,-. Selain itu makan khas lainnya sebagai juga bisa Anda dapatkan disini.

 

Wingko Babat Cap Kereta Api, Semarang

Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.
Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat.

BURGER PISANG , Aseli Semarang

siapa yang gak kenal namanya Burger?? ya, psti semua orang kenal apa itu Burger. Pasti Burger identik dengan isinya daging, selada, tomat, mayones, dll
wah klo tiap hari makan burger yang isinya daging pasti bisa nambah kolestrol, bisa gaswat nii. tapi di Semarang ada suatu Burger unik yang namanya Burger Pisang. psti bnyk yang bertanya tanya apa sii Burger Pisang itu??
Burger Pisang sendiri hampir sama dengan Burger biasa tapi yang membedakan adalah dalam daging tersebut, karena Burger pisang menggunakan Buah pisang yang tentunya memiliki kaya Vitamin C.
Bagi yang masih penasaran tentang Burger Pisang silahkan like Fun Page Burger Pisang, dan cari semua info tentang Burger Pisang. Klik link dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar